Powered By Blogger

Jumat, 11 Februari 2011

Pemandian Bektiharjo Mencari Kesejukan Sumber Air Alami

Salah satu obyek wisata alam di Tuban yang selalu ramai dikunjungi adalah Pemandian Bektiharjo di desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Letaknya sekitar 2 km ke arah selatan dari kota.

Di sini ada  2 sendang  (kolam) pemandian. Sendang Lanang (pemandian lakilaki) di bagian utara dan Sedang Wadon (pemandian perempuan) di sisi selatan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pemisahan fungsi dua sendang peninggalan Raden Danur Wendo dari kadipaten Tuban itu (abad XIII),  hanya tinggal sebutan.
Sendang wadon sekarang  berubah fungsi menjadi kolam renang dengan standar nasional , pengunjung  bebas menggunakan kolam renang ini. Sementara  sendang lanang, kini menjadi tempat mandi yang sangat sejuk.
Airnya sangat jernih karena memang langsung dari sumber murni seperti air mineral aqua. Sangat menyegarkan. Biasanya para pengunjung setelah berenang, melakukan mandi bilas di sendang lanang.
Selain kolam renang untuk orang dewasa, pemandian ini juga menyediakan kolam renang untuk anak-anak.  Juga terdapat beberapa jenis alat permainan yang bisa dipakai setiap pengunjung.
Di  sendang ini banyak terdapat penjual makanan seperti bakso, mie ayam, rujak atau gorengan. Dan bila mau menyantap nasi ada depot yang menyediakan menu ayam panggang dengan cita rasa khas Bektiharjo. Pedas asin, rasanya khas Tuban!
Pemandian Bektiharjo, yang dikunjungi 100.000 orang pertahun ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang sangat rindang. Wajar kalau suasana di tempat ini menjadi sangat teduh dan sejuk. Terdapat beberapa jenis pohon antara lain pohon beringin, randu alas dan beberapa jenis pohon hutan yang dilindungi.
Selain itu, salah satu keunikan dari tempat ini adalah keberadaan  kera yang jumlahnya tak terhitung seperti wisata Sangeh di Bali. Kera-kera tersebut cukup familiar dengan pengunjung, berjalan lalu lalang  untuk minta permen atau makanan lainnya.
Awas hati-hati, lengah sedikit saja kera-kera di sini biasanya sangat usil karena tiba-tiba mencopet kacamata, HP, dompet atau tas yang Anda bawa.   Tapi jangan khawatir karena barang-barang Anda akan diserahkan setelah  dibarter dengan makanan yang mereka inginkan.
Lokasi wisata mandi ini gampang dicari sebagaimana Gua Akbar. Dari Gua Akbar arah ke Barat atau tanya ke tukang becak, polisi maupun masyarakat sekitar pasti akan ditunjukkan karena populernya tempat ini. Pemandian Bektiharjo bisa ditempuh dengan motor atau mobil sekitar 15 menit dari pusat kota.
Atau kalau naik bus turun di perempatan pabrik Kapur (kondektur bus selalu berteriak turun Kapur Kapur, red) naik Andong atau angkutan kota jurusan Beti. Tarifnya Ankot Rp 3000 per orang sementara andong sekitar  Rp 50 ribu dengan penumpang maksimal 6 orang

Tidak ada komentar: