Powered By Blogger

Jumat, 11 Februari 2011

Pesona Api Tak Kunjung Padam


Tak perlu jauh-jauh ke Madura bila anda ingin menyaksikan keajaiban alam Api Tak Kunjung Padam. Karena di Kabupaten Tuban, tepatnya di desa Maindu kecamatan Montong, juga terdapat sumber api abadi. Lokasinya terletak ditengah-tengah sawah dengan latar belakang bukit White Wall (dinding Putih) atau oleh anak-anak Pramuka dikenal sebagai Pesanggrahan Van Deer Plash.
Mendekati area api abadi, anda akan mencium bau gas yang cukup menyengat, seperti bau gas elpiji. Maklum, ditempat itu, kandungan gasnya cukup tinggi. Gas tersebut berasal dari panas bumi yng menguap keluar lewat celah-celah tanah, menyembul keluar dan terbentuklah api abadi. Kira-kira logikanya seperti itu.
Dilokasi api abadi, terdapat beberapa titik api, kurang lebih ada 8 titik. Sayang, permukaannya di plester semen. Seandainya plester semen yang menutupinya di keduk, pasti api yang muncul akan sangat besar. Tetapi karena di plester semen, maka api yang muncul tidak terlalu besar, tapi tetap saja ajaib dan menarik.
Api abadi Maindu merupakan tempat berkemah favorit bagi anak-anak pramuka, selain berada dilokasi yang dekat dengan air, hawa disana sangat sejuk. Maklum, tempat itu dikelilingi perbukitan yang menjulang tinggi dan memanjang.
Alasan lain adalah mereka gak perlu menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan, cukup mendirikan tenda disekitar sumber api, sudah cukup memberikan kehangatan dan keceriaan bagi mereka.
Api abadi terletak kurang lebih 25 km dari pusat kota Tuban. Tepatnya desa Maindu kecamatan Montong. Dari kecamatan Montong kira-kira 20 menit perjalanan menggunakan mobil atau motor.
Disepanjang jalan menuju lokasi ini, akan akan disuguhi pemandangan alam yang sangat elok, jalan-jalan hutan yang rindang, teduh dan sejuk dengan latar belakang perbukitan nan hijau. Dan seperti jalan-jalan di kabupaten Tuban pada umumnya, akses jalan menuju api abadi juga sudah sangat mulus, berhotmik.
Jika masih ingin meneruskan petualangan, anda dapat berkunjung ke Pesanggrahan Van Deer Plash, yang terletak kurang lebih 1,5 km dari api abadi. Terlihat sangat jelas dari apai abadi, berupa dinding batu berwarna putih, dan dibawahnya terdapat kolam pemandian yang masih sangat alami serta dikelilingi oleh pohon-pohon besar berusia ratusan tahun. Maka, tak ada salahnya jika anda mengisi liburan anda dengan menikmati api abadi dan menikmati petualangan mendaki pesanggrahan van Deer Plash, di desa Maindu, Montong – Tuban. Liburan anda dijamin mengasyikkan.

Tidak ada komentar: